Wednesday, October 31, 2012

Bebek Kremes

Lama nggak makan bebek selama berada di negeri jiran ini, soalnya nggak tahu belinya dimana ehhh ternyata di pasar ada, nama pasarnya PASAR SIMPANG KUALA (PSK), tapi setiap aku belanja tak lihat kadang nggak ada, mungkin sudah habis, ehhh, pucuk dicinta ulam tiba, ada salah seorang kawan suami yang bawakan bebek, kapan hari aku pernah cerita kalau lagi pingin sekali makan itu, Alhamdulillah akhirnya dibawakan, aku kalau panggil di aunty (orang cina) langsung aku masak, lama sekali masak bebeknya, untung aku pernah diberitahu sama ibu aku, kalau mau masak daging yang pingin cepat empuk dikasih kaca, semacam pecahan kaca, untuk merebusnya aku pakai sendok kaca, akhirnya nggak lama hanya 1 jam bebeknya sudah empuk.




: : Resep Bebek Kremes : :


Bahan :
  • 1 ekor bebek potong menjadi beberapa bagian menurut selera
  • serundeng kelapa
  • garam,gula,kaldu bubuk secukupnya
  • 50 gr tepung terigu
  • 3 sdm tepung beras
  • 1 butir telur



Bumbu yang dihaluskan: (aku kasih bumbu rempahnya agak banyak agar bebek tidak berbau amis)
  • 10 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 1 cabe besar
  • 2 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas, dimemarkan
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt merica
  • sedikit jinten
  • 5 buah kemiri
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai,ambil putihnya, dimemarkan


Cara Membuat:
  • Tumis bumbu masukkan daun jeruk,lengkuas,serai, sampai harum lalu masukkan bebek beri air agak banyak untuk mematangkan bebek agar empuk (aku masukkan sendok kaca dalam rebusan bebek), beri garam, gula, kaldu bubuk secukupnya.masak sampai kurang lebih 1 jam
  • Setelah hampir matang masukkan serundeng kelapa, sisakan bumbu,untuk membuat kremesnya.
  • Untuk kremesnya : campur sisa bumbu dengan kocokan telur,tambahkan tepung terigu,tepung beras goreng dengan minyak panas, sambil diaduk-aduk agar berbutir-butir.
  • Sajikan dengan sambal dan lalapan.
  • Selamat Mencoba.





Happy Cooking






No comments:

Post a Comment