Friday, November 16, 2012

Brownise Kukus Coklat CupCake



Mencoba membuat cupcake dari brownise,untuk resepnya aku modifikasi dari resep asli by Nia Radin Cake  disini sebenarnya yang aku punya resep browkus keju RADIN,akhirnya aku modifikasi sendiri untuk browkus coklat cupcake ini.

: : Resep Brownise Kukus Coklat CupCake : :

Bahan A :
  • 2 btr telur utuh grade A
  • 2 btr kuning telur grade A
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanili bubuk (*aku pakai vanili cair)
  • 1/2 sdm emulsifier (*aku pakai ovalet)


Bahan B : (Ayak)
  • 75 gr tepung terigu protein sedang
  • 25 gr susu bubuk
  • 40 gr susu bubuk coklat
  • 20 gr tepung maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam


Bahan C : (lelehkan butter,campur dengan DCC,aduk rata)
  • 25 gr butter
  • 100 gr DCC


Bahan D:
  • 85 ml Minyak Sayur 


Topping : 
  • Buttercream
  • Cherry merah,hijau


Cara Membuat :
  • Panaskan kukusan
  • Kocok Bahan A hingga mengembang.
  • Masukkan bahan B ke bahan A aduk rata
  • Tuangkan Bahan C ke adonan,aduk balik, hingga benar-benar rata
  • Lalu Tuang Bahan D, aduk rata kembali.
  • Tuang kedalam papercup sampai 3/4 tinggi paper cupnya, lalu masukkan ke kukusan.
  • Kukus dengan api sedang selama kurleb 30- 40 menit
  • Setelah matang, dinginkan.Olesi dengan buttercream
  • Sajikan
  • Selamat Mencoba





Karena ada sisa butercream tempo hari setelah membuat brownise keju, akhirnya browkus cupcakenya aku hias menggunakan buttercream.




Ternyata browkus cupcakenya lembut banget, aku mencoba potong tengahnya, hampir mirip dengan sponge cake coklat teksturnya.




Happy Baking







1 comment: