Tuesday, December 10, 2013

Bolu Air

Assalamualaikum Wr.Wb

Lama ya nggak ngeblog hampir 1 tahun sejak kepulangan saya dari malaysia bulan 5 yang lalu.padahal banyak sekali resep-resep yang belum dipindahin semuanya ke blog,datang sudah ngerjakan orderan seserahan,mahar dan craft lanjut orderan kue kering untuk idul fitri,Alhamdulillah baru kesampaian ngeblog lagi.

Untuk entrian awal saya membuat bolu air,entahlan dari dulu penasaran sekali sama bolu air karena selama ini yang saya ketahui bahwa bahan-bahan untuk membuat cake jarang sekali ditambahkan air dengan jumlah yang banyak,sedangkan di bolu air ini banyak menggunakan air sebagai pelembut bolu nya.





Resep asal saya dapat dari postingan mbk kamelia di group FB "Dapur Aisyah",sudah banyak yang mencoba resep ini ya karena semua berawal dari penasaran hehehe.dan dari segi bahan yang digunakan tidak menggunakan margarin dan penggunaan telur lumayan irit hanya 1 butir saja.

Setelah membaca resep dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan yuk mari ke dapur untuk mulai mengeksekusi bolu air

: : Resep Bolu Air : : 

Source : Kamelia / Dapur Aisyah
Modifikasi : Bunda InaraUriella

Bahan:
Bahan A:
250 gr gula pasir
1 butir telur grade A
200 ml air
1 sdt SP

Bahan B: (ayak semua bahan jadi satu)
 250 gr tepung terigu
1 sdm susu bubuk 
1 sdm tepung maizena
1/4 sdt garam halus
1/4 sdt vanili bubuk
1/2 sdt baking powder

Bahan C:
1 sdt pasta kopi moka


Cara membuat:
  1. Olesi loyang dengan mentega lalu taburi dengan tepung 
  2. Kocok telur, gula pasir,air dan SP sampai kental mengembang sekitar 15 menit
  3. Masukkan sedikit demi sedikit bahan-bahan kering yang sudah diayak lalu kocok sebentar sekitar 5 menit
  4. Setelah tercampur semua dengan rata, ambil 1/3 adonan kemudian beri 1 sdt pasta kopi moka, aduk hingga tercampur rata.
  5. Tuang sisa adonan ke dalam loyang tulban diameter 20
  6. Kemuadian tuang adonan coklat diatasnya dan bentuk mermer dengan menggunakan tusuk sate atau garpu.
  7. oven sampai matang (saya menggunakan panci serba guna), menggunakan api sedang selama 30 menit, setelah itu tes dengan tusuk sate.





saya modifikasi menggunakan cetakan bolu kukus mekar, seperti nya anak-anak lebih suka yang model seperti ini daripada yang dipotong, lalu dikasih topping messes diatasnya bikin anak-anak lebih tertarik untuk memakannya.


Biasanya anak-anak itu nggak suka dengan yang namanya bolu kukus karena kedua putriku senangnya sama cake yang berbahan dasar coklat, untung ada sisa adonan yang bisa ditaruh di tempat bolu kukus mekar ada 5 cetakan bolu kukus kalau nggak ada, nggak bakal ke makan bolu kukus ini, ya nunggu si ayah pulang kerja itupun kalau mau makan, karena suami sukanya snack yang serba digoreng.


Note :
  1.  Dalam mengocok bahan A, kocok dengan mixer sedang terlebih dahulu,gula,telur dan air setengah bagian (100 ml) hingga gula larut, karena kalau langsung dimasukkan semua airnya agak sulit untuk mengaduknya air akan muncrat kemana-mana,baru masukkan SP,kocok kembali dengan kecepatan tinggi tuang sisa air (100 ml) dan kocok kembali dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang putih dan kental.
  2. Setelah matang jangan langsung di potong tunggu dingin terlebih dahulu, karena bolu teksturnya lembut sekali, untuk memotongnya gunakan pisau yang bergerigi.

Happy baking,






2 comments:

  1. Mba loyang bolkusnya lebar ya?
    Kalo pakai loyang biasa pake ukuran berapa ya?
    Thx

    ReplyDelete
  2. untuk bolkusnya saya pkai loyang ukuran 20 mbk ayu,untuk penyajian biasanya udah saya potong-potong

    ReplyDelete