Friday, January 3, 2014

Karipap Pusing





Saya terasa tertantang dengan karipap pusing ini, karena 2 tahun tinggal di negeri jiran belum pernah membuatnya kalau makan karipap nya sih sering ada yang dalamnya tuna,ada yang keledek (ubi ketela) dan sebenarnya pingin setor di event pawon ibu sudah lama nggak ikutan karena event di bulan desember "karipap pusing" ehhh...tertunda karena libur telah tiba, dan nggak sempat bikin karena sibuk acara mantenan saudara, bisanya pas sudah tiba dirumah langsung eksekusi karipap pusing ini,ternyata nggak sepusing yang semua orang pikirkan cara bikinnya,mudah kalau sudah lihat langka-langkah pembuatannya, sempat saya dokumentasikan untuk langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:





KARIPAP PUSING

Bahan A :
100gr     Mentega putih
50gr       Margarin
300gr     Tepung terigu

Bahan B :
700gr     Tepung terigu
1sdt        Garam
50gr       Margarin
350cc     Air

Cara membuat :

1. Campur bahan A, uleni hingga kalis, bulatkan. Letakkan diwadah tertutup, sisihkan.
2. Campur bahan B, uleni hingga kalis, bulatkan. Diamkan kurang lebih 15 menit. 
3. Tipiskan adonan B kemudian letakkan adonan A ditengah, Lipat adonan B hingga   
    menutupi adonan A (bulatkan menjadi adonan C), Tipiskan adonan kemudian gulung 
    (lakukan menggulung dan menipiskan hingga 2 kali seperti membuat kulit pastry).          
    Terakhir gulung dan rapatkan.(langkah 3-9)
4. Potong-potong adonan yang sudah digulung tadi (kira2 setebal 1cm) kemudian tipiskan. 
    Isi dengan isian (langkah 10-12)  kemudian rapatkan pinggirnya dengan cara di pilin 
    (dicubit) lalu Goreng karipap dengan api sedang hingga matang. (langkah 13)




Ini untuk isi karipap sebenarnya sama seperti isi risoles hanya aku tambahkan bubuk kari (asli malaysia) maklum masih ada stock bubuk kari tempo hari yang saya bawa sewaktu saya kembali dari sana.






aku hanya bikin 1/4 resep saja dan hasilnya 13 bj, karena aku bikin agak kecil-kecil awalnya takut nggak jadi mau bikin sesuai takaran resepnya.Alhamdulillah berhasil juga horeeee.....aku bisa bikin karipap, ternyata gampang sekali.




Happy Cooking,
 

No comments:

Post a Comment