Thursday, November 8, 2012

Brownise Kukus Gulung

Ini Browkuslung (brownise kukus gulung) yang saya buat tadi, untuk teman minum teh dan nyantai dengan anak-anak, pas banget saat hujan mengguyur sore hari ini.
Si dedek sudah nggak betah lagi pingin nyomot si browkuslung ini,karena masih hangat langsung dipotong, sudah ngambek minta jatah brownise nya.
brownise ini nyoklat banget karena kesukaan anak-anak yang serba coklat,didalamnya saya beri olesan selai coklat, hmmm legit banget.




Saya menggunakan resep brownise ny.liem dan saya modifikasi sendiri, kunci sukses menggulung brownise adalah menggulung masih kondisi panas, tadi hampir ragu takut patah menggulungnya, karena si dedek sudah nggak sabaran minta dipotong juga, akhinya ini brownise loyang yang kedua, yang saya gulung, yang loyang pertama sudah habis dibuat cemilan sama anak-anak, lagian saya nggak punya loyang besar ini loyangnya kecil sekali,jadinya gulungannya kecil.



Satu resep dibawah ini menjadi 4 roll dengan loyang kotak ukuran 20, hehehe kecil banget ya, karena nggak muat didandang kukusannya, adonannya tipis-tipis saja agar mudah digulung.



: : Resep Brownise Gulung Kukus : : (by Ny.Liem)

Bahan:
  • 6 butir telur grade A
  • 225  gr gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier (*aku menggunakan ovalet)
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt vanili (*aku menggunakan vanili cair)


Campur dan ayak :
  • 125 gr tepung terigu protein sedang (*aku menggunakan all purpose)
  • 50 gr cocoa powder


Lelehkan bersama,dinginkan sampai agak hangat
  • 125 ml minyak goreng
  • 50 gr margarin
  • 100 gr Dark Chocolate,cincang


Filling:
  • Selai Coklat, sesuai selera


Topping : 
  • Meses,keju parut


Cara membuat :
  • Panaskan dandang kukusan.
  • Siapkan loyang dan alasi dengan kertas roti, oles dengan mentega dan taburi dengan tepung sedikit, tipis-tipis saja, sisihkan.
  • Kocok telur,gula,emulsifier,garam hingga mengembang,kental dan berjejak.tambahkan vanili, kocok rata.
  • Masukkan campuran tepung terigu, coklat bubuk sambil diaduk balik perlahan dengan spatula (*aku mixer dengan kecepatan rendah)
  • Masukkan campuran minyak goreng,margarin,dan dark chocolate, aduk balik perlahan.sampai rata.
  • Tuang kedalam loyang, kukus selama 15-20 menit.Angkat.
  • siapkan kertas roti ukuran lebih besar dari cake.olesi dengan filling,Gulung selagi panas, padatkan, dinginkan lalu potong-potong dan sajikan.(*aku beri topping meses dan keju)
  • Selamat Mencoba





Happy Baking







No comments:

Post a Comment